Rabu, 04 Februari 2009

Pahala Membaca Amin

Assalammuaalikum Wr Wb

Kita sering mendengar Orang menguckapan Amin disaat imam selesai membacakan Surah Al-Fatihah, tapi apakah kita mengetahui tentang pahala orang yang mengucapkan "amin" tersebut ? ada beberapa hadist yang menjelaskan tentang hal tersebut diantaranya adalah :


1. Abu Hurairah meriwayatkan Rasulullah saw bersabda, "Apabila imam membaca, Ghairil Maghdhubi'Alaihim Waladhdhallin, maka bacalah amin. Siapa yang serentak bacaan aminnya dengan bacaan malaikat maka dosa yang pernah dia lakukan diampuni." (HR al-Bukhari-Muslim)
Didalam riwayat lain disebutkan, "ketika imam membaca Ghairil Maghdhubi'Alaihim Waladhdhallin, maka bacalah Amin. Siapa saja yang bacaan aminnya serentak dengan bacaan malaikat, maka orang yang ada didalam masjid itu diampuni." (HR an-Nasai).

2. Abu Musa meriwayatkan Rasulullah saw bersabda, "Apabila kalian salat berjamaah, luruskan barisan kalian, hendaklah salah seorang dari kalian menjadi imam. Apabila dia membaca takbir, bertakbirlah kalian. jika dia membaca Ghairil Maghdhubi'Alaihim Waladhdhallin, maka bacalah Amin. Dengan demikian, Allah SWT pasti mengabulkan permohonan kalian." (HR Muslim)

3. Abu Hurairah meriwayatkan Rasulullah saw bersabda, "Apabila imam membaca Ghairil Maghdhubi'Alaihim Waladhdhallin, hendaknya makmum membaca, Amin. Jika bacaan Amin penghuni langit bertemu dengan bacaan Amin penduduk bumi, maka Alla SWT pasti mengampuni dosa-dosa yang pernah dilakukan hambanya." Rasulullah saw bersabda "perumpamaan orang yang tidak membaca Amin seperti seorang laki-laki yang berperang melawan satu golongan. untuk mengetahui pemenangnya, mereka membuat undian, undian sih musuh keluar, sementara undian laki-laki itu tidak. Laki-laki itu pun berkata, 'kenapa undian saya tidak keluar?' Ada yang menjawab, 'karena kamu tidak membaca Amin." (HR Abu Ya'la)

4. Ibnu 'Abbas meriwayatkan Rasulullah saw bersabda, "Orang yahudi merasa iri terhadap Amin yang kalian ucapkan melebihi irinya terhadap segala kekayaan yang kalian miliki, oleh sebab itu perbanyaklah mengucapkan Amin" (HR Ibnu Majah)

5. Anas meriwayatkan ketika kami duduk bersama Rasulullah saw, beliau bersabda, "Allah SWT memberiku tiga keistimewaan, yaitu : Barisan salat; salam penghormatan, yang sekaligus merupakan salam penduduk surga; dan kalimat Amin. semua itu hanya diberikan kepadaku dan Nabi Harun. Ketika itu Musa berdoa dan diamini oleh Harun." (HR Ibnu Khuzaimah)

6. 'Aisyah meriwayatkan diceritakan kepada Rasulullah saw tentang orang yahudi. Beliau bersabda, "Mereka tidak akan iri terhadap sesuatu milik kita mlebihi iri mereka terhadap salat Jumat yang kita lakukan. Kita diberi petunjuk oleh Allah SWT untuk melakukan salat Jumat, Menghadap Kiblat, dan membaca Amin di belakang imam, Sementara mereka tersesat dari semua itu." (HR Ahmad)

Ibnu Khuzaimah juga meriwayatkan hadist ini dengan redaksi yang singkat, Rasulullah saw bersabda, "Orang yahudi tidak akan iri terhadap sesuatu milik kalian melebihi irinya terhadap bacaan Amin dan salam yang kalian ucapkan."

Dari beberapa hadist diatas maka pahala pengucapan kata Amin setiap imam selesai membaca Surah Al-Fatihah sangatlah besar, yaitu dapat menghapuskan dosa-dosa kita yang telah lalu.

Wallahu A'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar