Rabu, 11 Februari 2009

Pahala Memberikan Pinjaman

Assalammualaikum Wr Wb,

Kita sering melihat atau mendengar ada selebaran atau pengumumam yang berisi tentang pemberian pinjaman sejumlah uang dengan berbagai macam jaminan, mulai dari mobil sampai barang elektronik. Tapi apakah apakah kita mengetahui pahala bagi orang yang memberikan pinjaman kepada sesama muslim, berikut ini adalah beberapa hadist yang menjelaskan tentang pahala :


1. "Setiap Muslim yang meminjami muslim lain dua kali pinjaman maka ia seperti bersedekah sekali." (HR al-Bukhari). Ath-Thabrani meriwayatkan secara ringkas, "Setiap pinjaman adalah sedekah."

2. Anas meriwayatkan Rasulullah saw bersabda, "Dalam perjalanan mi'rajku, aku melihat di pintu surga tertulis, satu sedekah dilipatgandakan menjadi sepuluh kali lipat, dan meminjamkan dilipatgandakan menjadi delapan belas kali lipat." (HR Ibnu Majah)

3. Al-Bara bin Azib pernah mendengar Rasulullah saw bersabda, "Orang yang meminjamkan uang atau menunjukan jalan, niscaya dia mendapat pahala seperti memerdekakan seorang budak." (HR Ahmad)

Jadi jelaslah bahwa memberikan pinjaman kepada orang lain sangatlah besar pahalanya, tetapi pinjaman itu harus diberikan dengan tanpa bunga, karena jika dengan bunga tidak akan mendapat pahala dan malah akan mendapatkan dosa yang besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar